Penting bagi konsumen untuk memastikan bahwa layanan purnajual kendaraan sesuai dengan kebutuhan
DEPOKPOS – Pameran otomotif merupakan salah satu ajang yang dapat dimanfaatkan oleh konsumen untuk membeli mobil baru dengan tawaran diskon dan keuntungan lain.
Suzuki dalam keterangan resminya pada Kamis menyampaikan kiat untuk melakukan pembelian mobil baru di pameran otomotif menjelang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024.
GIIAS 2024 akan dilaksanakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, Banten, dari 18 sampai 28 Juli.
“Memutuskan membeli mobil baru butuh beragam pertimbangan, namun semua itu bisa direncanakan,” kata 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales Harold Donnel.
Berikut panduan Suzuki bagi konsumen yang hendak membeli mobil baru di ajang pameran otomotif.
1. Pilih mobil sesuai ketersediaan dana
Sebelum memutuskan membeli mobil baru, baiknya memahami kebutuhan dasar dan rencana penggunaannya.
Konsumen sebaiknya lebih dulu memastikan dana tabungan bisa dialokasikan untuk uang muka dan biaya asuransi kendaraan, dan biaya pembelian kendaraan bisa dilunasi secara tunai atau melalui cicilan.
Setelah itu, konsumen dapat membuat daftar pilihan mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran.
2. Riset terlebih dahulu
Riset secara mendalam akan memudahkan konsumen dalam menentukan pilihan kendaraan yang diinginkan dengan memperhitungkan fitur, teknologi, fungsi, biaya, hingga layanan purna jual.
Berbagai informasi mengenai kendaraan saat ini semakin mudah untuk didapatkan, sehingga konsumen tidak akan kesulitan melakukan riset untuk mengetahui spesifikasi kendaraan serta kisaran harganya.
3. Manfaatkan fasilitas uji coba kendaraan
Konsumen yang hendak melakukan pembelian kendaraan baru disarankan untuk lebih dahulu mencoba kendaraan tersebut.
Perusahaan otomotif biasanya menyediakan sesi-sesi uji coba kendaraan agar konsumen bisa secara langsung mencoba mengendarai mobil yang ingin dibeli.
Melalui sesi uji coba kendara, konsumen juga bisa mempelajari dan mengevaluasi fitur-fitur pada mobil.
4. Konsultasi mengenai biaya perawatan
Setiap pelanggan tentu berharap dapat menggunakan mobilnya dalam jangka panjang. Agar dapat digunakan dalam waktu lama, kendaraan mesti mendapat perawatan secara periodik.
Oleh karena itu, penting bagi konsumen untuk memastikan bahwa layanan purnajual kendaraan sesuai dengan kebutuhan, dapat diakses dengan mudah, serta biayanya terjangkau.
Konsumen dapat berkonsultasi dengan penyedia layanan pemasaran kendaraan mengenai biaya servis, ketersediaan bengkel resmi, dan ketersediaan suku cadang kendaraan.
5. Manfaatkan program promosi
Konsumen dapat memanfaatkan program-program promosi dalam penjualan mobil yang biasanya ditawarkan oleh perusahaan selama pameran otomotif.