“You can become a great person by working alone, but working as a team will make you realize that you are also an ordinary person who needs the help of others.”
DEPOK POS – Eksistensi seorang PEMIMPIN dalam sebuah organisasi, sejatinya amat sangat menentukan keberhasilan pencapaian visi serta misi organisasi tersebut. Pasalnya pemimpin mampu memengaruhi organization performance secara menyeluruh, dengan mengoptimalkan fungsi dan perannya sebagai leader dan ‘agent of change’.
Oleh sebab itu, yang menjadi persoalan penting bukanlah bagaimana seseorang bisa menjadi pemimpin, melainkan bagaimana seseorang mampu mencapai kepemimpinan yang efektif. Yang mana kepemimpinan yang efektif biasanya ditandai dengan sejumlah indikator serta didukung oleh perilaku dari figur pemimpin itu sendiri.
Indikator tersebut, tak lain dan tak bukan ialah TEAMWORK. Sebab sejatinya sebagaimana yang telah kita sama-sama pahami ‘kepemimpinan bukanlah upaya satu orang saja’, melainkan melibatkan kerja sama tim seluruhnya. Yang mana tim yang handal, ialah tim yang dapat bekerja sama dengan baik, saling percaya, dan saling menghargai.
Fungsi dan peran utama pemimpin sendiri, sejatinya ialah mendorong serta mengarahkan anggota-anggota nya pada pencapaian tujuan organisasi melalui kerjasama tim yang efektif. Yang oleh karena hal-hal tersebut, kepemimpinan dan kerjasama tim menjadi satu elemen kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Sebab kemampuan seorang pemimpin didalam membangun sebuah kerjasama tim (team work) yang baik merupakan jaminan bagi keberhasilan sebuah organisasi/komunitas kedepannya.
Teamwork (kerjasama tim) ialah suatu kemampuan untuk bekerjasama, guna menuju visi dan misi bersama. Dengan kata lain, kerjasama tim merupakan suatu kemampuan yang dilandasi dengan kemauan yang kuat untuk mengarahkan serta mendorong tiap-tiap individu yang ada didalam tim tersebut untuk meraih tujuan-tujuan organisasi/komunitas seraya bergandengan.
Yang mana melalui kerjasama tim yang kuat, kita bisa meraih suatu pencapaian besar yang mungkin tidak pernah kita pikirkan sebelumnya. Itulah mengapa kerjasama tim menurut para ahli merupakan suatu hal yang harus dibangun dan dijaga dengan sebaik mungkin. Sebab jika tidak, tujuan perusahaan akan sulit untuk dicapai bersama-sama.
“BERSATU KITA TEGUH, BERCERAI KITA RUNTUH!!!”
Untuk menjadi suatu bangsa yang kuat dan tidak terpecah belah, kata-kata ‘bersatu kita teguh’ perlu diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, sebab sikap persatuan dan kesatuan inilah yang dapat menghindarkan tiap-tiap tim dari berbagai bentuk perpecahan.
Bersatu kita teguh juga mencerminkan Sila ke-3 dari Pancasila, yakni Persatuan Indonesia, yang mana maknanya adalah kita sebagai Warga Negara Indonesia harus senantiasa menjaga persatuan yang ada serta menjunjung tinggi toleransi guna mempertahankan kesatuan tersebut.
Teamwork sendiri hadir dalam konteks apa pun, di mana keyword nya sekelompok orang bekerja bersama demi untuk mencapai tujuan bersama. Prinsipnya, kerjasama tim merupakan cara bekerja kreatif berbekalkan komunikasi yang baik serta kemampuan untuk memecahkan masalah yang dihadapi secara bergandengan.
Sebab sejatinya, bekerja secara efektif dan mahir membutuhkan seluruh anggota tim untuk terjun langsung dan bersatu padu demi mencapai tujuan akhir yang diharapkan. Dimana mereka juga harus memiliki pemahaman yang jelas tentang bagaimana seharusnya suatu organisasi/komunitas (kelompok) dan sesama anggota tim bekerja.
Itulah sebabnya manajemen tim menjadi hal yang amat sangat diperlukan untuk dijadikan prioritas, bagi tiap-tiap kelompok organisasi/komunitas agar dapat menjadi kelompok yang hebat serta selalu menjadi yang terdepan.
“Togetherness is like a beginning, then keeping together is progress, and working together is success.”
Penulis: Nadiah, mahasiswi STEI SEBI



